Setiap orang memiliki karakter yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dan setiap karakter memiliki seni tersendiri untuk berkomunikasi dengannya. Jika kita mengenali karakter seseorang (pasangan kita) dan mengetahui seni komunikasi yang tepat dengan karakter yang dimilikinya tentu akan meningkatkan kualitas hubungan komunikasi suami istri.

Pembagian karakter seseorang disebut juga dengan personality, setidaknya ada 4 jenis personality. Yang setiap orang memiliki personality yang dominan dalam dirinya dibanding yang lain. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu dari 4 jenis personality ini.

  1. Koleris
    Koleris adalah seseorang yang memiliki tipe berpengaruh, ingin memberi pengaruh dan suka memimpin. Kelebihan seorang koleris akan memiliki visi, memiliki sikap tegas dan menyukai tantangan. Tipe-tipe pemimpin hebat seperti soekarno, soeharto, susilo bambang yudhoyono adalah koleris. Seorang koleris juga memiliki kekurangan diantaranya adalah suka memerintah, agak temperamental, menakutkan saat marah.
  2. Sanguinis
    Sanguinis adalah seorang yang memiliki tipe bersemangat, ceria, humble, suka bergaul dan biasanya jika sedang berkumpul akan menjadi pencair suasana. Kekurangan tipe sanguinis adalah pelupa, ceroboh dan sulit mengatakan tidak.
  3. Melankolis
    Melankolis adalah tipe orang pintar dan analitis. Dia adalah tipe orang yang detail, senang berpikir hingga dahinya sering terlihat kusut. Kekurangannya ia sangat perasa, sensitif, mudah menyimpan dendam dan sering terlihat murung.
  4. Flegmatis
    Flegmatis adalah tipe pendengar yang baik, sering menjadi tempat curhat, memandang setiap persoalan dengan santai, tidak terlalu berambisi. Kelebihan tipe ini adalah cinta damai, pendiam dan tidak mudah terbawa emosi saat konflik. Sementara kekurangannya adalah enggan berubah atau keluar dari zona nyaman, terlihat malas dan kesulitan memotivasi diri sendiri dan sering mengiyakan sesuatu yang menyenangkan semua orang.

Itulah 4 jenis personality, kira-kira karakter  yang dimiliki pasanganmu yang mana? Pada dasarnya dari keempat karakter diatas tidak ada karakter yang buruk. Sejatinya karakter ini tentang keberagaman manusia yang Allah ciptakan, tentu setiap karakter memiliki kelebihan dan kekurangan serta akan melengkapi satu sama lain.

Setiap personality dari keempat jenis diatas memiliki seni berkomunikasi masing-masing. Setelah anda mengetahui personality yang dimiliki oleh pasangan anda, langkah selanjutnya adalah mempelajari seni berkomunikasi untuk masing-masing personality.

  1. Berkomunikasi dengan koleris
    Kunci utama komunikasi dengan koleris adalah memberikan fakta, jika dia tegas dan keras jangan sesekali menantangnya dengan sikap melawan. Tetap tenang, santun dan berikan bukti yang bisa dinilainya secara objektif. Hindari memberi angan-angan atau kemungkinan, beri tahu hal yang pasti-pasti saja. Seorang koleris menyukai komunikasi yang tepat, lansung pada intinya dan tidak bertele-tele.
  2. Berkomunikasi dengan sanguinis
    Berbeda dengan koleris kalau sanguinis menyukai kesenangan, harapan dan impian. Orang sanguinis biasanya suka dan banyak bicara. Maka jika pasangan anda sanguinis pahamilah kalau mereka butuh untuk didengarkan lebih, dan siapkan diri agar bisa selalu mengerti tentang apa yang disampaikannya. Selalu hadapi dengan senyum tulus ikhlas, berikan perhatian dan sentuh perasaannya. Orang yang bertipe sanguinis biasanya akan senang jika pasangannya ikut senang.
  3. Berkomunikasi dengan melankolis
    Berkomunikasi dengan orang tipe melankolis haruslah mempersiapkan dengan baik apa yang ingin disampaikan. Orang melankolis sangat detail dan teliti. Mereka menyukai komunikasi empat mata, saling berhadapan dari hati ke hati. Ingat kekurangan orang melankolis adalah sensitif dan mudah tersinggung, maka berhati-hatilah saat berkomunikasi dengan mereka.
  4. Berkomunikasi dengan Flegmatis
    Tips untuk berkomunikasi dengan orang flegmatis adalah membuat mereka nyaman, hindari perdebatan dan jauhi hal-hal yang akan menimbulkan konflik. Orang flegmatis agak kesulitan untuk memulai pembicaraan, namun jika sudah ada yang memulai mereka mau mengikutinya. Dan perlu di ingat juga orang flegmatis banyak yang lebih memilih untuk diam daripada memulai pembicaraan.

Begitulah seni berkomunikasi dengan 4 jenis personality, selain mengenali personality pasangan anda juga mampu mengenali personality anda sendiri. Setelah itu anda perlu komunikasikan hal ini pada pasangan.

Mungkin ada juga pertanyaan, apakah personality seseorang bersifat mutlak atau tidak bisa dirubah ? Pada dasarnya personality seseorang terbentuk karena kebiasaan, pola asuh dan juga berbagai pengalaman masa lampau.

Karena berawal dari kebiasaan, maka sejatinya jika memiliki kemauan tentu anda juga bisa mengubah personality anda terutama yang menjadi kekurangan diri.

Sumber referensi :

  1. Buku Menikahimu dengan restu ayah-ibu karya Ikhsanun Kamil dan Foezi Citra Cuaca

Artikel Menarik Lainnya







comments