Setelah pada bagian sebelumnya kita membahas bagaimana mengajarkan anak agar mencintai Allah Swt maka dalam tulisan ini bahasan kita bagaimana mengajarkan anak mencintai Rasulullah Saw.

Rasulullah Saw adalah manusia pilihan yang Allah pilih untuk wakilnya di muka bumi, menyampaikan wahyu dan risalahnya kepada setiap umat manusia. Sebagai Nabi Allah Swt yang dipilih sebagai penyampai wahyu tentu kita sebagai umat muslim wajib untuk mengenali dan mencintainya. Menelusuri jejak kehidupannya untuk mendapatkan teladan kebaikan dari dirinya.

Berikut adalah 12 alasan mengapa kita perlu mengajarkan anak mencintai Rasulullah Saw.

1.  Mencintai Rasulullah Saw adalah salah satu bagian dari iman kita

Saat seseorang ingin memeluk Islam maka syarat utamanya adalah mengakui Allah Swt tuhan yang maha esa dan Muhammad Rasulullah Saw sebagai utusan Allah. Sebagai rasul terakhir dan penutup. Setiap muslim harus mencintai Rasulullah Saw setelah mencintai Allah Swt sebagaimana firman-Nya:

“Katakanlah : Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluarga, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.”
(At-Taubah:24)

Dalam ayat lain Allah Swt juga berfirman:

“Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.”
(Ali imran : 31)

Mengajarkan anak agar mencintai Rasulullah Saw adalah sebuah keniscayaan bagi setiap keluarga muslim. Kecintaan pada Rasulullah mesti ditanamkan sejak anak sedini mungkin bahkan saat anak masih di dalam kandungan.

2. Allah sangat mencintai Nabi Muhammad Saw

Allah sangat mencintai Rasulullah Saw hingga Allah mengaitkan nama-Nya dengan nama Rasulullah Saw diantaranya dalam Al-qur’an banyak kisah tentang Nabi Muhammad Saw, dalam kalimat syahadat sebagai pintu untuk masuk agama Islam juga ada nama Nabi Muhammad Saw, dalam kalimat Adzan yang dikumandangkan 5 kali sehari dan juga dalam shalat saat bertahiyat Allah juga mewajibkan kita memberi do’a keselamatan untuk nabi Muhammad Saw.

3. Mencintai Rasulullah akan memudahkan kita mengikuti sunnahnya

Saat anak mencintai Rasulullah Saw maka dia akan bersemangat untuk mempelajari kehidupan Rasulullah Saw dan juga meneladani Rasulullah Saw dengan menjalankan sunnahnya.

4. Rasulullah adalah manusia terbaik, pilihan Allah Swt

Rasulullah Saw adalah manusia terbaik, Allah pilih menjadi Nabi dan Rasul penutup sebagai penyempurna risalah ini. Menjalankan tugas yang berat menyampaikan wahyu dari Allah Swt. Tentu menjadi sesuatu kebanggaan saat kita dan keluarga menjadi orang yang mencintai Rasulullah Saw dan mendirikan sunnahnya.

5. Rasulullah Saw sangat mencintai kita sebagai umatnya

Rasulullah Saw pernah menangis ketika sedang duduk bersama para shabatnya sebab rindunya kepada kita. Umatnya. Para sahabatpun bertanya tentang sebab tangisanya . Beliau menjelaskan “Aku merindukan saudara-saudaraku.” Mereka bertanya lagi, “Bukankah kamu juga saudaramu, ya Rasulullah ?” Rasulullah Saw menjawab, “Bukan, saudaraku adalah orang-orang yang beriman kepadaku, padahal mereka tidak pernah melihatku.” (Al-Hadits Ash-Shahihah )

Begitulah Rasulullah sangat mencintai kita, umatnya. Sudah sepantasnya kita juga mencintainya.

6. Seseorang akan dikumpulkan di hari kiamat bersama orang yang dicintainya

Jika kita berharap nanti bertemu kembali dengan Rasulullah Saw dan berkumpul bersama beliau, maka mari kita cinta beliau. Sebab, setiap orang akan kembali dikumpulkan di hari kiamat bersama orang yang dicintainya. Semoga nanti kita berkumpul kembali dengan Rasulullah Saw yang kita cintai.

Banyak cara bisa dilakukan untuk mencintai Rasulullah Saw salah satunya adalah dengan membuka lembaran sejarah kehidupan beliau, sirah Nabawiyah. Menjadikan kisah kehidupan Rasulullah Saw sebagai cerita terindah untuk anak-anak kita.

Artikel Menarik Lainnya







comments