Saat ramadhan akan tiba kita semua menyambutnya dengan penuh suka cita, penuh luapan kegembiraan serta kebahagiaan. Namun begitu ramadhan pergi meninggalkan kita, rasa sedih di hatipun menghampiri, air mata tak terasa mengalir di pipi sembari terucap do’a “Ya Allah pertemukan kembali hambamu dengan Ramadhan tahun depan”. 

Ramadhan, bulan istimewa yang hanya Allah karuniakan satu bulan saja dari dua belas bulan dalam kurun waktu setahun. Bulan Ramadhan adalah bulan cinta, dibulan ini Allah limpahkan rahmat, berkah serta beragam macam karunianya dan juga Ramadhan adalah bulan latihan, melatih diri meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk serta juga melatih diri untuk membentuk kebiasaan – kebiasaan baru seperti tilawah, mendirikan shalat sunnah dhuha, shalat sunnah rawatib, shalat malam, menahan diri dari berbagai macam penyakit hati, menahan lisan dari ucapan-ucapan yang buruk serta melatih diri membiasakan kebaikan-kebaikan kecil lainnya.

Banyak yang bersedih saat ramadhan pergi, tak sedikit yang menyeka air mata saat berpisah dengan bulan suci puasa ini namun hanya sedikit yang benar-benar membuktikan kalau ia cinta dengan bulan Ramadhan ini. Bulan ramadhan adalah bulan latihan, Allah beri kita waktu untuk melatih diri selama 30 hari dari 365 hari dalam setahun, tentu tujuan utamanya adalah latihan selama 30 hari ini bisa menjadi bekal bagi kita untuk menghadapi 335 hari selanjutnya, harapannya kebiasaan-kebiasaan baik selama Ramadhan bisa membekas dan terus diamalkan selama 335 hari selanjutnya hingga kembali lagi bertemu dengan 30 hari selanjutnya untuk mengasah dan melatih diri.

So, sudah semestinya kita tak hanya merasa bersedih saat berpisah dengan Ramadhan namun juga menyertainya dengan amalan-amalan terbaik sebagai bukti kalau kita benar-benar mencintai bulan Ramadhan. 5 Hal berikut adalah sesuatu yang bisa dilakukan untuk pembuktian cinta pada bulan Ramadhan.

1. Shalat tepat waktu dan berjamaah bagi yang laki-laki

Satu hal yang menjadi ciri khas bulan Ramadhan adalah ramainya masjid, tidak hanya saat shalat tawareh di malam hari namun juga di siang hari. Semangat untuk melaksanakan shalat di awal waktu dan berjamaah bertumbuh begitu pesat di bulan suci ramadhan.

Tentu harapannya semangat untuk mendirikan shalat di awal waktu dan berjamaah bagi yang laki-laki tak hanya di bulan Ramadhan saja akan tetapi juga terus dilakukan di hari-hari berikutnya.

2. Rutin membaca Al-quran setiap hari

Tadarus adalah satu hal yang juga spesial dibulan suci Ramadhan, tak sedikit dari sahabat-sahabat kita yang berhasil mengkhatamkan Al-quran 1 hingga 3 kali bahkan lebih dalam satu bulan. Kebiasaan baik ini tentunya harus terus dibiasakan di hari-hari setelah ramadhan, dijadikan amalan wajib harian untuk membaca serta mentaddaburi Al-quran.

3. Mendirikan ibadah-ibadah sunnah

Berbagai macam ibadah sunnah seperti shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tahajud, shalat hajat serta ibadah – ibadah sunnah lainnya yang sering dilakukan di bulan ramadhan juga menjadi kebiasaan yang terus diamalkan di hari-hari setelah ramadhan.

4. Perbanyak sedekah

Amalan yang juga sering dilakukan di bulan suci Ramadhan adalah sedekah, terbukti dengan meningkatnya kas masjid-masjid serta mushala. Banyak diantara kita yang berlomba-lomba untuk banyak bersedekah karena janji dari Allah SWT yang akan melipatgandakan pahala kebaikan dari sedekah kita.

Setelah Ramadhan semestinya semangat sedekah kita juga terus bertumbuh dan bersedekah menjadi kebiasaan kita.

5. Menyantuni anak yatim 

Saat bulan Ramadhan kita menyaksikan berbagai bakti sosial dan santunan untuk anak yatim hadir dimana-mana bahkan hampir setiap masjid mengadakan santunan anak yatim. Namun perlu kita sadari adalah kalau anak-anak yatim tidak hanya hidup dibulan Ramadhan namun juga bulan-bulan lain, oleh karena itu sudah semestinya kita terus bersama-sama menyantuni anak yatim di bulan-bulan lain.

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan sebagai bukti cinta kita pada Ramadhan, semoga Allah mudahkan kita mengamalkannya.

Artikel Menarik Lainnya







comments