Pertanyaan :

Assalamu’alaykum ustadz.

Saya sekarang ini masih usia 19 tahun dan masih semester 2. Belum lama, saudara sepupu saya memperkenalkan saya dengan lelaki kaka kelasnya di pesantren. Kaka kelasnya itu seumuran saya, dan alhamdulillah mengerti sunnah dan pintar akademik maupun non akademik. Awalnya, saudara sepupu saya memberikan foto saya ke lelaki itu. Dan laki-laki langsung merespon, dan dia bilang saya siap untuk melamar saya. (Bilang melewati perantara saudara sepupu saya) Pertanyaan pertama saya adalah, bagaimana saya menyikapinya? Apalagi orangtua saya belum terlalu mengenal sunnah. Akan susah meminta izin untuk menikah di usia 19 tahun. Tetapi kalau saya tangkap dri pembicaraan saya dengan ibu saya, ibu saya sudah memberikan peluang. Asalkan lelaki itu sudah punya penghasilan dan sudah hafidz. Lelaki itu sebentar lagi hafidz.

Pertanyaan kedua. Bagaimana ustadz? Apakah saya harus sholat istikharah? Jazakallah khoiron katsiron

Jawaban :

Jika memang telah datang pada kita seorang laki-laki yang baik agama dan akhlaqnya, sebaiknya jangan langsung ditolak. 

Tetapi Mbak bisa pertimbangkan dulu, diskusikan dengan orangtua, meminta nasihat dari orang yang shalih/ah, pikirkan bagaimana mengatur rencana masa depan, bagaimana kesiapan pribadi dan keluarga, dsb dsb. Masukan dari orangtua, tentu akan menjadi pertimbangan berharga untuk membuat keputusan nantinya. 

Sholat istikharah seyogyanya memang dilakukan untuk memohon petunjuk dari Allah di saat kita dihadapkan pada pilihan-pilihan, termasuk dalam memilih jodoh tentunya. 

Semoga yang terbaik bagi Mbak ya..

gambar dari http://id.gwcpics.com/gambar-kumbang-wallpaper-semanggi-vektor-serangga-latar-belakang-rumput-bahan-bunga/

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

5 + 15 =

Artikel Menarik Lainnya







comments