Pertanyaan :

Saya sedang galau memikirkan jodoh saya, ada seorang pria sholeh yang saya kenal. saya mencoba meminta petunjuk lewat sholat istikhoroh apakah dia adalah jodoh saya. dalam istikhoroh pertama saya bermimpi dia ada di tempat setiap saya berada (sekitar 4 tempat) namun hanya berdiri (selewatan saja). dan di hari kedua istikhoroh saya bermimpi jalan jalan dengan dia. saya ingin minta pendapat tentang mimpi itu.. terima kasih sebelumnya.

Jawaban :

assalaamualaikum wrwb Mba C

 

pertama, perlu kita perhatikan bahwa tidak ada dalil/dasar dari Qur;an dan Sunnah tentang kaitan mimpi dan sholat istikharah. Karena mimpi itu sangat mungkin untuk dimainkan oleh setan. Saya kutipkan tulisan Ust. Ammi Nur Baits dalam konsultasi syariah :

Syaikh Masyhur Hasan Salman hafizhahullah mengatakan,

Mimpi tidak bisa dijadikan acuan hukum fiqih. Karena dalam mimpi setan memiliki peluang besar untuk memainkan perannya, sehingga bisa jadi setan menggunakan mimpi untuk mempermainkan manusia. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الرؤيا ثلاثة، من الرحمن ومن الشيطان وحديث نفس

Mimpi ada 3 macam: dari Allah, dari setan, dan bisikan hati.”

Beliau juga menjelaskan bahwa mimpi tidak bisa untuk menetapkan hukum, namun hanya sebatas diketahui. Dan tidak ada hubungan antara shalat istikharah dengan mimpi. Karena itu, tidak disyaratkan, bahwa setiap istikharah pasti diikuti dengan mimpi. Hanya saja, jika ada orang yang istikharah kemudian dia tidur dan bermimpi yang baik, bisa jadi ini merupakan tanda baik baginya dan melapangkan jiwa. Tetapi, tidak ada keterkaitan antara istikharah dengan mimpi. (Al-Fatwa Al-Masyhuriyah: http://almenhaj.net/makal.php?linkid=124)


Read more https://konsultasisyariah.com/8754-tata-cara-shalat-istikharah.html

Yang kedua, Mintalah petunjuk Allah terus-menerus sambil pertimbangkan apakah pria soleh ini layak menjadi suami Mbak kelak atau tidak. Tentu, parameter yang dipakai adalah sesuai anjuran Nabi saw, yakni baik agamanya. Lihat bgmn akhlaqnya, tanggung jawabnya mencari nafkah, bgmn kesiapannya menjadi pemimpin rumah tangga, bagaimana kesiapan menjadi ayah dari anak-anak Mbak nantinya, dll. Mbak juga bisa meminta pendapat dari orangtua atau orang-orang shalih lainnya tentang urusan ini. Namun pastinya, kita juga harus memantaskan diri sebagaimana kita mengharapkan jodoh kita.

Setelah mempertimbangkan dan Mbak merasa mantap dengan pilihan itu, maka lakukan dan jalani saja, tidak perlu menunggu mimpi. Jika itu baik bagi Mba, maka pasti Allah mudahkan. Jika itu jelek, maka pasti akan dipalingkan dari pilihan tersebut.
wallahu a’lam bish showab.
gambar dari https://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fwww.newhdwallpapers.in%2Fwp-content%2Fuploads%2F2014%2F09%2FLamp-Candle-Stars-City-Light-HD-Wallpaper.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Fwww.newhdwallpapers.in%2Fdesktop-wallpapers%2Flamp-candle-stars-city-light-hd-wallpaper%2F&docid=f5_kD8cvcnUvyM&tbnid=vKWFdOAm7ik23M%3A&vet=10ahUKEwiWge-OzuTSAhVJs48KHdhfBv4QMwglKAowCg..i&w=1680&h=1050&bih=589&biw=1366&q=city%20lamp&ved=0ahUKEwiWge-OzuTSAhVJs48KHdhfBv4QMwglKAowCg&iact=mrc&uact=8

 

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

15 + 7 =

Artikel Menarik Lainnya







comments