Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr.wb
Saya mahasiswi smester 3 dan juga santriyah di sebuah pesantren
Alasan saya kenapa ingin pesantren karena saya ingin lebih banyak belajar tentang agama bisa istiqomah dalam segala hal juga
Namun jadwal kuliah serta rentetan tugas yang selalu membuat saya bingung dan bentrok jadwalnya. Apakah bisa saya fokus terhadap dua-duanya ??

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr..wb..

Yang pertama anda lakukan adalah adalah temukan dulu visi hidup anda. Perjelas visinya, rinci misi hidup. 10 – 30 tahun ke depan anda mau jadi apa ? Lalu lihat kira-kira diantara kuliah dan pesantren mana yang akan lebih mendekatkan pada visi dan misi hidup anda. Pilihlah itu, fokus disana dan belajarlah sungguh-sungguh disana.

Jika memang kedua hal tersebut, pesantren dan kuliah sama-sama mendukung visi hidup anda. Coba usahakan agar jadwalnya tidak bentrok, sepengatahuan saya jadwal perkuliahan bisa dipindah atau ganti jadwal. Kalau dipesantren saya kurang paham. Tapi jika memang tidak memungkinkan menyesuaikan jadwal agar tidak bentrok ya kembali lagi seperti tadi. Pilih salah satu. Semoga bermanfaat ya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

13 + 13 =

Artikel Menarik Lainnya







comments