Masa awal kehamilan adalah masa yang rentan, menjaga pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi adalah hal yang mutlak dilakukan. Faktanya, mayoritas keguguran terjadi pada usia kehamilan muda, dan banyak penyebabnya adalah makanan. Tentu tidak heran, pada trimester pertama, orang tua atau mertua Anda melarang Anda untuk tidak makan makanan ini dan itu.  Makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama terutama adalah makanan yang mengandung asam folat, protein, vitamin, dan mineral. Apa saja contohnya? Mari kita bahas satu per satu.

1. Sayuran

Sayuran

Sayuran / Elmina / www.apnewstimes.com

Gejala mual dan muntah atau yang populer disebut morning sickness biasanya dialami ibu hamil pada trimester awal. Gejala ini ternyata bisa dikurangi dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau juga banyak mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Kandungan mineral dan asam folat dalam sayuran juga diperlukan oleh ibu dan janin. Contoh sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah: bayam, asparagus, brokoli, jagung, dan sawi.

2. Buah

Buah Alpukat

Buah Alpukat / Elmina

Konsumsi buah selama kehamilan akan mencukupi kebutuhan vitamin dan berfungsi meningkatkan stamina ibu hamil. Pisang atau apel bisa Anda makan sebagai makanan selingan atau camilan sehat. Selain kandungan nutrisinya yang baik, kandungan serat dalam buah akan membantu mengatasi sembelit yang terjadi selama masa kehamilan. Beberapa buah juga mengandung kandungan asam folat yang tinggi, contohnya: alpukat, jeruk, stroberi, raspberi, dan pisang. Namun tidak semua buah baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama yang sedang hamil muda, contohnya adalah buah nanas muda, pepaya mentah, durian, dan delima.

3. Seafood

Seafood

Seafood / Elmina / www.seafoodcruise.com

Pembentukan otak janin sudah dimulai sejak awal kehamilan, dan protein tinggi serta asam lemak omega 3 adalah hal yang dibutuhkan untuk mendukungnya. Nutrisi tersebut banyak terdapat dalam makanan laut, sehingga banyak mengonsumsi ikan, udang, cumi-cumi, atau rumput laut adalah pilihan wajib makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama.

4. Produk Olahan Susu

Produk Olahan Susu

Produk Olahan Susu / Elmina / www.essexandsuffolk.wordpress.com

Masih bicara soal kebutuhan protein, produk olahan susu adalah salah satu jalan terbaik untuk memenuhinya. Anda bisa mengombinasikan keju, yoghurt, atau susu skim. Hasil produk olahan susu seperti keju juga kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang janin yang sedang dikandung.

5. Sereal

Sereal

Sereal / Elmina / www.teruskan.com

Sereal mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, dan kalsium, jadi baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil muda. Selain mencukupi kebutuhan energi, sereal bisa dijadikan alternatif pengganti nasi selama hamil. Pilihlah sereal dengan jenis whole grain, atau roti gandum dengan jenis serupa.

6. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan / Elmina / www.bcconections.org

Jenis kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda adalah yang mengandung protein tinggi, seperti kedelai, kacang merah, dan kacang hijau. Ketiga jenis kacang tersebut juga baik untuk ibu hamil karena mengandung banyak asam folat dan vitamin B.

7. Air Kelapa

Air Kelapa

Air Kelapa / Elmina / www.eattobeatmyastheniagravis.com

Belum ada penelitian khusus yang mengungkapkan khasiat spesifik air kelapa pada janin, meskipun para orang tua biasanya menyuruh untuk meminumnya dengan alasan agar proses persalinan lancar dan janin terlahir dengan kulit bersih. Meski hal tersebut belum terbukti, kandungan elektrolit alami dalam air kelapa memang baik untuk memulihkan stamina dan mencegah dehidrasi pada wanita hamil yang biasanya membutuhkan asupan air lebih banyak.

Meskipun telah mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama, pola dan jadwal makan Anda tetap harus diperhatikan pada periode ini. Porsi dan frekuensi makan Anda harus diatur agar tidak kurang maupun tidak kelebihan. Hindari juga mengonsumsi produk kalengan, seperti buah dan ikan kaleng. Usahakan untuk membeli bahan makanan yang masih segar dan terjaga kebersihannya. Jangan lupa, jika Anda hendak mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda tentang aman tidaknya penggunaan obat tersebut dan makanan apa saja yang mungkin berinteraksi dengan obat yang Anda konsumsi. Selamat mencoba dan semoga kehamilan Anda sehat dan lancar!

Artikel Menarik Lainnya







comments