Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Saya sedang bingung. Ada lelaki yang Alhamdulillah baik agamanya  melamar saya dan saya pun tertarik dengannya
Tetapi dia punya kekurangan, dia mempunyai penyakit bawaan turunan lahir. Dan ibu saya tidak merestuinya. Terimakasih.

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb

Dalam Islam sendiri kata Rasulullah jika ada lelaki yang datang meminang / melamar maka hal pertama yang diperhatikan adalah agamanya sebagaimana hadits Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh  Imam Tirmidzi berikut :

“Jika datang kepada kalian (Wahai calon mertua) orang yang kalian sukai (ketaatan) agamanya dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putrimu. Sebab jika kamu tidak melakukannya akan lahir fitnah  (bencana) dan akan berkembang kehancuran dimuka bumi.”

Kemudian ada yang bertanya :

“Wahai Rasulullah, bagaimana jika pemuda itu cacat atau kekurangan?”

Maka Rasulullah menjawab hingga mengulanginya sampai 3 kali :

“Jika datang kepada kalian orang yang bagus agamanya dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia (dengan putrimu)!”

Tapi mba juga bisa mempertimbangkan alasan lain seperti usia yang terlalu tua misalnya atau salah satunya memiliki penyakit seperti yang laki-laki tersebut alami. Jika memang mba merasa penyakit turunannya berbahaya dan khawatir akan berdampak buruk bagi keturunan mba nanti ya ditolak saja dengan cara yang baik-baik.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

11 + 13 =

Artikel Menarik Lainnya







comments