Pertanyaan :

Assalamualaikum wr…wb…

Saya perempuan.Umur sya baru 20 tahun. Tapi sya ingin sekali menikah agar saya tidak di tanggung oleh orang tua lagi. Saya mencoba untuk menjadi wanita shalihah saya ingin istiqamah agar nanti jodoh saya juga sholeh. Namun saat-saat seperti ini hadir seorang laki laki yg lebih tua dari saya 8 tahun dan ingin menikahi saya. Apa yang harus saya katakan kepadanya. Tanda-tanda apa agar saya tau bahwa dia lelaki yg baik dan akan mnjadi jodoh saya atau tidak?

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Salah satu indikator berkahnya pernikahana berawal dari benarnya niat. Maka saran kami ukhti luruskan lagi niatnya untuk menikah, jangan menikah hanya agar lepas dari orang tua. Niat menikah harus karena Allah Swt, untuk beribadah, untuk menggapai ridhonya.

Jika ada laki-laki yang tertarik dengan ukhti maka saran kami hindari pacaran, jika dia ingin serius menikahi bisa lansung minta dia menemui orang tua ukhti. Jodoh itu misteri, tidak ada tanda-tanda khususnya. Tapi ukhti dan keluarga bisa melakukan penjajakan untuk mengenalinya lebih dekat seperti lihat ibadahnya apakah shalat 5 waktu berjamaah, lihat siapa saja teman dekatnya, bagaimana akhlaknya dan seterusnya. Berdo’alah pada Allah Swt minta jodoh terbaik menurut Allah bagi ukhti.

Jika ingin melakukan proses Ta’aruf ukhti bisa baca panduan ta’aruf disini –> Panduan Taaruf  . Semoga membantu dan berikan kemudahan untuk prosesnya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

9 + 6 =

Artikel Menarik Lainnya







comments