Pertanyaan :

Assalamu’alaikum.wr…wb..

Saya Renno, usia 21 tahun. Beberapa waktu yang lalu, ada keluarga yg mengenalkan anak lelakinya kepada saya . Keluarga saya juga sudah tahu. Dan saya juga sudah pernah bertemu dengan lelaki tersebut. Tapi untuk sekarang saya belum bersedia menikah hingga masa studi saya selesai kira-kira 1,5 tahun lagi. Keluarga lelaki tersebut mengatakan bersedia menunggu. Beberapa kali saya berkomunikasi dengan lelaki itu via WA tetapi tidak intens. Saya juga tidak ingin pacaran. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana baiknya saya menyikapi hal seperti ini. Karena saya tahu, keseringan berkomunikasi seperti ini juga tidak baik untuk hati saya. Terimakasih sebelumnya.

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb..

Alhamdulillah ikut bahagia mendengar kabar ada lelaki yang memiliki niat baik pada mba. Meskipun mba sendiri belum memiliki kesiapan untuk menikah. Yang disini tidak disebutkan apa alasan tidak siap menikah ? Karena jika saat ini mba kuliah sebenarnya tidak ada masalah walaupun menikah sambil kuliah.

Akan tetapi jika memang tidak siap atau belum siap saran saya sebaiknya tidak ada kesepakatan untuk saling menunggu selama 2,5 tahun. Hal ini tidak ada tuntunanya dalam Islam karena memiliki banyak mudharat seperti bisa menjerumuskan pada pacaran atau mungkin salah satu di antara kalian nanti kecewa. Lebih baik mba sampaikan pada laki-laki itu “Saya belum siap menikah, kalau kamu memang sudah memiliki kesiapan untuk menikah silakan menikah dengan wanita lain yang sudah memiliki kesiapan juga. Tidak perlu menunggu saya selama 2.5 tahun. Untuk menjaga hati dan diri kita dari terjerumus pada maksiat mulai hari ini kita sudahi semua bentuk komunikasi dan interaksi”

Untuk redaksi bahanya mungkin bisa mba sesuaikan dengan diri mba, mungkin seperti itu saran dari kami. Semoga membantu

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

5 + 3 =

Artikel Menarik Lainnya







comments