Pertanyaan :

Assalammuaikum.wr.wb.

Saya telah putus dengan pacar saya. Dia lebih memilih gadis yang lebih baik dari saya. Saya mencoba mengerti akan hal itu, tetapi saya terlalu kecewa dan sakit hati. Kami terkadang masih berkomunikasi baik dari handphone maupun bertemu langsung. kadang kala saya berpikir, apakah sebaiknya kami lost kontak saja? Jujur, saya merasa sulit untuk menutup hati kedia. Tetapi alangkah tidak baiknya memutuskan silahturrahmi karena masalah hati.

Jujur saya ikhlas jika dia mendapatkan yang lebih baik dari saya, tetapi namanya manusia memiliki penyakit hati. Penyakit hati inilah yang terkadang masih saya rasakan. Tolong berikan solusi bagaimana saya bisa benar benar ikhlas tanpa adanya sakit hati?

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb…

Alhamdulillah ikut senang mendengar ukhti putus, dan semestinya ukhti juga ikut bersyukur karena dengan putus secara tidak lansung Allah memberi kesempatan untuk meninggalkan maksiat pacaran, menyesali perbuatan pacaran yang telah silam dan juga waktu untuk mempersiapkan dan memantaskan diri agar menjadi istri dan ibu yang baik.

Perlu kami sampaikan, pacaran itu maksiat dan sekecil-kecilnya maksiat pacaran adalah zina hati. Dan pacaran tidak akan menjamin jodoh, makanya tidak perlu melakukan aktivitas pacaran apalagi sampai terlalu berharap pacar akan menjadi suami. Luruskan niat, menikah untuk menggapai ridho Allah Swt, perkara jodoh serahkan pada Allah. Berdo’a pada Allah agar diberikan jodoh terbaik menurut Allah Swt, bukan menurut kita. Yakin itulah yang terbaik.

Saran kami agar lebih mudah move on perbanyak istigfar, dekatkan diri lagi pada Allah Swt dan putus segala komunikasi dengan mantan pacar ukhti. Hindari juga pertemuan karena itu hanya akan kembali menodai hati dan memunculkan benih-benih sakit hati karena akan ingat lagi dengan masa lalu.

InsyaAllah memutus hubungan dengan pacar tidak termasuk memutus silaturahim. Hubungan silaturahim itu adalah hubungan dengan kerabat yang memiliki ikatan nasab atau satu darah. Jadi pacar tak termasuk dalam kategori itu. Begitu ya, semoga Allah mudahkan dan segera pertemukan dengan jodoh terbaiknya

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

10 + 7 =

Artikel Menarik Lainnya







comments