Pertanyaan :

Asalamualaikum…wr…wb..

Saya mempunyai pacar dan sekarang kami sudah bersama selama 1 tahun lebih , tapi dari awal kami pacaran kami memiliki permasalahan dengan keluarga , kakak pacar saya tidak setuju , sedangkah dari pihak saya sendiri ada kakak dan ibu yang tidak sejutu, hubungan kami jadi tidak terbuka dengan keluarga meski begitu lambat laun keluarga pacar saya  pun tau bahwa kami selama ini masih bersama dan ingin menikah , tapi pacar saya belum siap kerumah bertemu keluarga saya , dan saya jenuh dengan hubungan seperti ini ,sampai pada akhirnya saya bener-bener sangat jenuh dan bosan dengan keadaan yang seperti ini. Saya pun berselingkuh , dan yang keluarga saya tau bahwa pacar saya adalah selingkuh (as)  saya itu. Saya merasa lebih nyaman dengan (as), mungkin karena keluarga saya setuju dengan (as) , tetapi (as) sendiri mempunyai kasus seperti saya. Saya tidak tahu apa yg mesti saya lalukan sekarang,saya merasa maju salah , mundur pun salah , tolong bantu saya.
Terima kasih sebelumnya

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb..

Niat utama mba tentu bisa menemukan pasangan hidup terbaik, tetapi perlu mba sadari kalau pacaran itu bukanlah cara terbaik untuk menemukan pasangan hidup. Bahkan itu adalah cara terburuk, sebab dalam pacaran akan banyak sekali aktivitas-aktivitas maksiat seperti maksiat hati dan pikiran, maksiat mata saat bertatapan, maksiat tangan saat bergandengan dan seterusnya. Makanya Allah tegaskan jangan dekati zina, dan pacaran adalah salah satu aktivitas yang mendekatkan pada zina. Dalam Islam tidak ada pacaran. Selain itu pacaran juga akan membuat hati dan pikiran capek sendiri, hidup penuh kebohongan (mungkin mba bisa rasakan sendiri dengan punya selingkuhan)

Apa yang bisa mba lakukan sekarang ? Pertama-tama tinggalkan dulu maksiatnya, putuskan pacar-pacarnya. Sampaikan pada mereka kalau pacaran itu maksiat dan hanya akan membuat hidup semakin tidak tenang dan banyak masalah. Karena Allah nggak ridho. Berhijrah ke jalan kebaikan, perbaiki diri, pantaskan diri. Ibadah dikuatkan.Diskusikan pada orangtua, jodoh seperti apa yang mereka inginkan. Berdo’a pada Allah Swt agar segera dipertemukan dengan jodoh terbaik dunia akhirat. Semoga Allah mudahkan urusannya ya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

9 + 13 =

Artikel Menarik Lainnya







comments