Pertanyaan :

Assalamualaikum…wr…wb..

Saya seorang wanita dengan perawakan yang bisa dikatakan besar, dan sudah satu tahun ini saya berusaha untuk merubah penampilan saya dengan berdiet..

Tiga bulan ini saya berpacaran, dia menunjukan niat baiknya untuk mengenal kedua orang tua saya , keluarga besar saya beserta temannya saya . Dia pun demikian sudah mengenalkan saya ke keluarga dan temanya.

Namun beberapa minggu ini, dia meminta saya untuk diet dengan target yang sudah kami setujui, lalu dia pun meminta saya untuk berhijab.

Yang ingin saya tanyakan, apakah saya harus mengikuti keinginannya untuk berubah ? Padahal dari beberapa artikel yang saya pernah baca jika dia menicintai kita maka dia harus menerima kita apa adanya .
Walaupun dia mengutarakan hal tersebut dengan alasan untuk kesehatan ( Diet ) dan mengingatkan saya bahwa berhijab itu wajib bagi wanita muslim …

Terima Kasih

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr…wb..

Yang pertama kami jawab soal hijab dulu ya, hijab wajib hukumnya bagi setiap wanita muslim sama dengan wajibnya shalat, puasa, dan zakat. Maka sudah semestinya setiap muslimah untuk segera berhijab tanpa tapi dan nanti baik dalam keadaan berat, ringan maupun ragu-ragu. Tidak berhijabnya seorang muslimah jika dia belum menikah akan menjadi tanggungan ayahnya di akhirat, sementara jika sudah menikah akan menjadi tanggungan suami di akhirat kelak. Itulah alasan laki-laki tersebut menyuruh mba berhijab karena dia ingin sama-sama terjaga dunia akhirat.

Sementara untuk teori cinta itu menerima apa adanya menurut saya tak sepenuhnya benar, apalagi dasarnya tidak jelas bukan dari Al-qur’an dan Hadits. Cinta menurut Islam itu adalah bagaimana membahagiakan pasangan, salah satunya adalah tampil sebagus dan semenarik mungkin dihadapa pasangan. Semua diniatkan untuk membahagiakannya dan membahagiakan pasangan termasuk dalam salah perintah Allah Swt kepada setiap istri.

Dan yang terakhir, pacaran itu apapun alasannya tetap tidak baik, sekecil-kecilnya maksiat pacaran adalah zina hati. Saran kami jika sudah sama-sama cocok lebih baik segerakan menikah. Semoga Allah mudahkan ya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

3 + 13 =

Artikel Menarik Lainnya







comments