Pertanyaan :

assallamualaikum wr. wb

saya wanita usia 27tahun. saya punya hubungan dgn laki laki skitar 6bln dan insya allah hubungan ini akan dilanjutkan dengan menikah. tp dengan berjalannya waktu ada saja selisih paham yg membuat saya dan pasangan saya tidak enak hati. bahkan pasangan saya 3 kali mengucapkan kata putus. tapi saya minta untuk istighfar akhirnya hubungan kembali baik. dan kejadian pertengkaran adu mulut sering terjadi. jujur membuat saya merasa sangat sedih. dan semakin mendekatnya waktu pernikahan saya ragu. dan saya pada akhirnya memutuskan utk kembali shalat istikharah dan tidak menghubungi dulu beberapa hari sampai pd kemantapan hati saya. karena saya tdk ingin salah milih. saya ingin nikah sekali seumur hidup jadinya ingin benar2 memantapkan hati saya sebaik mungkin. yg saya mau tanyakan apa yg saya lakukan ini benar atau tidak, shalat istikharah 1 bulan sebelum pernikahan. tapi setelah shalat ada ketenangan dlm diri ssaya. tapi saya tidak tau petunjuk dr allah. mohon apa yg harus saya lakukan  mohon petunjuknya. terimakasih. wassallamualaikum
Judul Pertanyaan: shalat istikharah menjelang pernikahan apakah boleh?

Jawaban :

Mbak Z yang disayang Allah,

Istikhoroh dilakukan saat kita dihadapkan pada berbagai urusan dalam hidup, baik itu kaitannya dengan urusan dunia, apalagi urusan akhirat. Bukan hanya urusan yang merisaukan hati atau mengandung pilihan, tetapi dalam berbagai urusan yang kita hadapi. Begitu juga halnya dengan memilih pasangan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara /  urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran. Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari).

Jadi selama menuju pernikahan memang sebaiknya Mbak terus melakukan istikhoroh sebagai wujud permohononan agar terus didampingi-Nya dalam urusan yang sangat besar ini. Semoga dengan demikian Mbak diberi ketenangan hati dan Allah terus membimbing dalam prosesnya hingga tiba hari H nanti.

Untuk mempertimbangkan pilihan apakah sudah cukup baik atau belum, selain beristikhoroh, Mbak bisa meminta masukan dari orangtua terutama Ibu. Selama akad belum diucapkan, apapun bisa diputuskan meski sudah terjadi pinangan/khitbah sekalipun. Tidak perlu ragu untuk menyudahi jika memang selalu terjadi percekcokan untuk hal-hal prinsip (berkaitan dengan agama, syariat, keridhoan orangtua dll). Namun sebaliknya, jika hal-hal itu berkaitan dengan hal-hal non-prinsip, insya Allah bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik. Banyak-banyak mendekat pada Allah agar perselisihan berkurang, karena hati orang-orang beriman yang terhubung pada Allah tidak akan mudah berperang dan saling memerangi satu sama lain. Persering juga memohon perlindungan Allah, karena setan selalu menghembuskan was-was di hati, apalagi mendekati akad besar bernilai ibadah seperti pernikahan ini.

Semoga dimudahkan ya Mbak S. Doa saya menyertai J

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

4 + 3 =

Artikel Menarik Lainnya







comments