Pertanyaan :

Saya ibu 2 putri. Saat ini saya sedang mengalami masalah dengan suami. Suami saya bekerja di hotel dan saya tahu dia selingkuh. Saya sudah berusaha memasak, berpenampilan menarik  dan menjaga rumah agar rapi, tapi hal ini tidak membuatnya sadar. Kami jadi sering bertengkar di rumah. Hal ini berimbas pada putri sulung kami yang berusia 6 tahun. Ia jadi pendiam, tidak mau mengungkapkan perasaan dan pemurung. Di satu sisi saya tahu masalah saya dengan suami harus diselesaikan dan ini butuh waktu. Kadang terbersit untuk bercerai tapi saya masih ingat anak-anak. Bagaimana ya menghadapinya?

Penanya: N/A

 

Jawaban :

Pertama-tama, saya berempati sangat dalam dengan masalah yang Ibu hadapi. Sungguh tidak mudah menghadapinya, tetapi percayalah bahwa pertolongan Allah sungguh dekat bagi mereka yang beriman.

Kemudian, masalah dengan suami bisa ibu bicarakan baik-baik dengan beliau. Jika belum berhasil mintalah bantuan pihak ke-3 yang dapat dipercaya, entah itu orang yang dituakan, psikolog, atau ustadz/ah yang bisa melihat masalah dengan jernih dan adil.

Selanjutnya masalah dengan anak ibu, ajari dan latihlah ia untuk mengungkapkan perasaannya. Bisa melalui diary, atau membuat boks yang diisi dengan kertas berisi berbagai lambang emosi. Misalkan saja jika ia sedang sedih, maka ia boleh memilih gambar muka cemberut, lalu masukkan ke dalam boksnya. Jika sedang bahagia, pilihlah gambar muka tersenyum. Lalu sebelum tidur, temani anak Ibu dan bahaslah isi boks emosi tersebut. Mudah-mudahan dengan cara ini putri ibu dapat lebih terbuka dan mampu mengekspresikan perasaannya, plus ikatan emosinya dengan Ibu pun semakin erat. Tetap semangat ya Bu. Doa saya untuk Ibu selalu 😀

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

2 + 13 =

Artikel Menarik Lainnya







comments