Bagi seorang ibu, mempersiapkan kelahiran anak dapat menjadi momok yang menakutkan. Salah satunya adalah bagaimana mempersiapkan mental dan fisik menjelang persalinan. Selain itu, sering muncul pertanyaan mengenai apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan dan berapa jumlah yang dibutuhkan. Berikut ini tips-tips sederhana sebagai panduan untuk mempersiapkan persalinan bagi Anda yang sudah masuk trimester ketiga.

1. Siapkan Mental

Siapkan Mental

Siapkan Mental / Elmina

Kesiapan mental merupakan faktor utama dalam menghadapi persalinan. Yakinkan diri Anda bahwa Anda mampu melewati semua rasa sakit dan lelah selama persalinan berlangsung.

Jika Anda memiliki rencana untuk melahirkan secara normal, maka mulailah mempersiapkan fisik Anda. Ikutilah senam hamil untuk berlatih teknik pernapasan dan teknik mengejan yang baik dan benar. Konsultasikan riwayat kehamilan Anda agar dapat menjadi pertimbangan dalam upaya persalinan normal nanti. Siapkan pula mental Anda jika ternyata pada hari persalinan muncul kendala, sehingga Anda harus melahirkan secara caesar.

Dan jika Anda memang sudah merencanakan ingin melahirkan secara caesar, maka tetap siapkan fisik Anda untuk menghadapi operasi.

Perlu diingat, untuk persalinan normal ada kemungkinan persalinan akan maju atau mundur dari prediksi. Namun tetaplah tenang dan hilangkan rasa cemas. Usahakan untuk selalu berpikir positif dan bahagia untuk menyambut kehadiran si kecil. Selain itu, dukungan suami dan keluarga juga sangat diperlukan.

2. Memilih Tempat Bersalin

Memilih Tempat Bersalin

Memilih Tempat Bersalin / Elmina / www.peterboroughandstamford.nhs.uk

Pilihlah tempat bersalin yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Baik dari segi biaya, fasilitas tenaga medis, alat medis, dan ruangan, sampai jarak tempuh dari rumah Anda. Hal ini sangat penting karena kenyamanan ibu adalah segalanya. Kondisi tempat bersalin yang tidak sesuai harapan dapat memengaruhi kondisi psikis saat menghadapi persalinan.

3. Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi / Elmina / www.movies-in-theaters.net

Membeli perlengkapan bayi merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Akan tetapi berhati-hatilah, jangan membeli terlalu banyak. Bayi yang baru lahir belum membutuhkan terlalu banyak pakaian. Biasanya cukup dengan ½ -1 lusin saja.

Untuk menghadapi persalinan, bawalah pakaian secukupnya untuk digunakan si kecil selama berada di rumah sakit.

Berikut daftar kecil perlengkapan bayi yang bisa Anda contoh dan sesuaikan sendiri dengan kebutuhan:

– Pakaian untuk 2-3 hari
– Popok secukupnya
– Selimut
– Bedong
– Sarung tangan dan kaki
– Perlak
– Perlengkapan tidur (seperti bantal dan guling)
– Perlengkapan mandi bayi (seperti minyak telon dan tisu basah)

4. Perlengkapan Ibu

Perlengkapan Ibu

Perlengkapan Ibu / Elmina / www.medstarfranklinsquare.org

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah popok dewasa. Setelah persalinan, Anda akan langsung mengalami nifas, sehingga popok sangat diperlukan.

Kedua, pakaian dan peralatan mandi. Jika Anda melahirkan secara normal, Anda bisa mandi untuk kembali menyegarkan badan yang lelah. Akan tetapi jika Anda melahirkan secara caesar, ada baiknya Anda mandi dengan cara dilap dengan lap basah atau sesuai anjuran dokter (misal dokter memperbolehkan Anda mandi).

Masukkan semua kebutuhan ibu dan bayi ke dalam sebuah koper dan simpan di dalam mobil atau di tempat yang mudah dijangkau. Hal ini mempermudah Anda saat hari persalinan tiba.

5. Mengenali Tanda Persalinan

Salah satu hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mengenali tanda persalinan. Biasanya, tanda awal persalinan adalah flek cokelat diikuti dengan kontraksi yang semakin lama semakin bertambah, dan jarak waktunya berdekatan. Akan tetapi, ada beberapa kasus ketika air ketuban pecah terlebih dahulu. Maka, waspadai selalu perubahan yang muncul. Usahakan untuk selalu didampingi oleh orang terdekat dan hindari aktivitas berlebihan di luar rumah, agar mudah dipantau.

Meskipun persalinan merupakan proses yang panjang dan melelahkan, namun ingatlah bahwa selama sembilan bulan Anda telah menanti-nanti momen ini. Tumbuhkan rasa senang di hati Anda. Semoga panduan dalam mempersiapkan persalinan ini dapat membantu Anda. Tetaplah optimis bahwa persalinan Anda akan berjalan mudah, lancar, dan selamat. Semangat ASI!

Artikel Menarik Lainnya







comments