Pertanyaan :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saat ini saya telah menjalin hubungan dengan lelaki selama beberapa tahun tetapi kami belum menikah, lelaki itu bilang insya allah tahun ini akan menikahi saya, sedangkan orangtua saya sepertinya kurang menyukai lelaki tersebut, orangtua juga tidak yakin dengannya jikalau tahun ini akan menikah dengan saya karna memang belum ada omongan sesama orangtua, lelaki tersebut baru bicara sama saya. Yang jadi pertanyaan saya. Apakah saya mengikuti orangtua saya untuk menyudahi hubungan ini atau tidak? Karna disatu sisi lelaki tersebut tidak ingin hubungan dia dan saya sampai disni.

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb…

Parameter kesiapan seorang laki-laki menikah salah satunya adalah saat dia mampu meyakinkan orang tuanya dan calon mertuanya dalam hal ini orang tua mba. Jika orang tua mba tidak menyetujuinya maka minta laki-laki tersebut berusaha meyakinkan orang tua mba, dan mba juga bisa membantu untuk meyakinkannya. Tapi jangan berlama-lama sebab hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam ikatan pacaran itu banyak mudharatnya dan Islam pun melarang untuk berpacaran. Jika dalam waktu tertentu (misalnya 1 bulan) laki-laki tersebut masih belum mampu meyakinkan orang tua mba maka lebih baik hubungannya di akhiri saja.

Sejatinya jodoh kita Allah yang menentukan, Allah tau siapa orang terbaik dan kapan waktu pertemuannya. Jadi nggak usah khawatir dan takut, karena ketentuan Allah selalu yang terbaik. Ikhlaskan saja. Dan untuk ke depannya  saran kami hindari aktivitas pacaran dan sejenisnya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

11 + 1 =

Artikel Menarik Lainnya







comments