Pertanyaan :

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana solusi jika kita menyukai sosok lelaki yang lebih pintar dr kita ? Dan bagaimana lelaki itu bisa tau jika kita menyukainya . Apakah jiga kita menyukainya dia pun tau ?
Judul Pertanyaan: Penantian jodoh

Jawaban :

Dear mbak Ir,

Tidak ada yang salah dengan perasaan tersebut. Namun yang perlu kita pastikan adalah jangan sampai perasaan tersebut menjadikan kita berangan-angan dan menyebabkan hati kita menjadi kotor. Satu-satunya solusi dalam islam jika kita menyukai seseorang adalah dengan menikah. Jika belum sanggup menikah maka kita dianjurkan berpuasa untuk mengendalikan nafsu.

Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki keinginan menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu adalah pengekang syahwatnya yang menggelora.” (HR. Bukhari)

Jika memang mbak sudah siap untuk menikah, dan laki-laki tersebut juga sudah siap, Mbak bisa menawarkan diri secara langsung atau melalui perantara, bisa melalui lisan atau tulisan. Hal ini diperbolehkan dalam Islam dan bukanlah suatu hal yang hina. Satu hal yang perlu kita sadari juga adalah, laki-laki juga berhak menolak. Sudah siapkah jika kita ditolak?

Tidak perlu kita memberi isyarat atau hal-hal yang menarik perhatiannya, karena hal ini berpotensi besar mengotori hati. Jika suka dan sudah siap untuk menikah, maka segerakanlah menuju kesana. Tapi jika tidak, maka berpuasalah. Demikian Islam mensyariatkan.

Semoga Allah melimpahkan petunjuk-Nya pada kita.

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

4 + 6 =

Artikel Menarik Lainnya







comments