Pertanyaan :

saya menyukai seseorang, tapi orang itu tidak mengenal saya, saya bercerita tentang seseorang itu kepada orang tua saya, orang tua sayaa berkata “ibu tidak setuju kamu memiliki hubungan sama dia”.
saya harus bagaimana??
Judul Pertanyaan: mangagumi atau menyukai dalam diam

Jawaban :

salam, mba H..

Senang ya bisa cerita-cerita dengan Ibu tentang siapa yang kita sukai, mudah-mudahan ini menandakan kedekatan kita dengan orangtua.
Hm.. apakah Ibu sudah mengungkapkan apa alasannya? Bisa jadi Ibu keberatan karena mbak belum kenal dengan dia dan butuh diyakinkan akan beberapa hal. Maklum ya, urusan pernikahan kan persoalan seumur hidup, jadi kita coba gali saja bagaimana harapan dan keinginan Ibu akan jodoh terbaik bagi anaknya. Insyaa Allah setiap orangtua menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anak mereka, termasuk dalam hal jodoh.
Kalau memang harapan orangtua sesuai dengan tuntunan Islam (misalnya, ingin menantu yang sholeh, berakhlak baik, bertanggung jawab dsb), tidak ada salahnya kita berusaha mencari yang demikian.
Namun jika keinginan kita belum selaras dengan keinginan orangtua, coba diskusikan lagi apa saja hal-hal yang tergolong prinsip dan sekunder menurut beliau. Kemukakan juga hal-hal yang kita inginkan mengenai calon pendamping kita, apakah bisa disesuaikan dengan harapan mereka.
Mentaati orangtua insyaa Allah membawa keberkahan tersendiri dalam hidup, dalam rangka berbakti kepadanya. Tentu saja, dengan tidak melanggar ketaatan pada Allah SWT.
Selamat berdiskusi ya Mbak, semoga ada pencerahan 🙂
***
picture http://wide-wallpapers.net/path-on-the-mountain-wide-wallpaper/
Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

14 + 14 =

Artikel Menarik Lainnya







comments