Bagi banyak wanita, hamil adalah hal yang sudah biasa. Terlebih jika mereka telah memiliki anak lebih dari satu. Namun, tidak semua wanita mengetahui tahapan masa kehamilan dan perkembangan janin yang ada di rahimnya. Padahal dengan mengetahui hal itu, seorang ibu hamil akan tahu apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Terpenting lagi, seorang ibu hamil akan tahu nutrisi apa saja yang harus dicukupi untuk perkembangan calon buah hatinya. Baiklah, inilah tahap-tahap masa kehamilan & perkembangan janin yang pasti dialami semua ibu di seluruh dunia.

1. Bulan Pertama (Minggu ke-1 sampai ke-4)

Bulan Pertama

Bulan Pertama / Elmina / www.pondokibu.com

Bulan awal kehamilan biasanya ibu hamil belum mengetahui dirinya hamil. Pada minggu pertama dan kedua, sel telur baru melebur dengan sel sperma dari ayah. Baru pada minggu ke-3, sel telur yang telah dibuahi tumbuh menjadi embrio, dan akhirnya menempel pada rahim pada minggu ke-4.

2. Bulan Kedua (Minggu ke-5 sampai ke-8)

Bulan Kedua

Bulan Kedua / Elmina / www.id.theasianparents.com

Minggu ke-5 alat cek kehamilan akan mampu mendeteksi kehamilan. Janin di dalam rahim perlahan membesar menjadi sebesar kacang. Lambat laun jantung, otak, tulang belakang, dan beberapa organ vital mulai terbentuk dengan baik. Fase ini sangatlah penting, jadi nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus seimbang.

3. Bulan Ketiga (Minggu ke-9 sampai ke-12)

Bulan Ketiga

Bulan Ketiga / Elmina / www.bidanku.com

Bulan ke-3, perkembangan bayi mulai nampak dengan pesat. Bayi mulai membesar dan tulang belakangnya mulai mengeras. Pada bulan ini, jantung bayi sudah memiliki empat ruang seperti manusia normal lainnya. Dan terpenting lagi, bayi sudah mulai bergerak ke seluruh isi rahim meski ibu belum bisa merasakannya.

4. Bulan Keempat (Minggu ke-13 sampai ke-16)

Bulan Keempat

Bulan Keempat / Elmina / www.id.theasianparents.com

Pada bulan keempat, bayi akan memiliki berat hingga 250 gram. Ia sudah memiliki sidik jari dan bisa menghisap ibu jarinya sendiri. Pada fase ini telinga dan mata bayi akan mulai sempurna dan saat di USG akan nampak bayi yang utuh dan sempurna.

5. Bulan Kelima (Minggu ke-17 sampai ke-20)

Bulan Kelima

Bulan Kelima / Elmina / www.obatsakit2011.blogspot.com

Pada bulan ke-5, paru-paru pada bayi mulai berkembang dengan sempurna. Rambut yang ada pada kepala juga mulai tumbuh disertai lapisan lemak bawah kulit. Bayi sudah mulai bisa mendengar sesuatu dari luar. Saat fase ini, banyak calon ibu memperdengarkan musik klasik pada calon bayi agar ia menjadi anak yang cerdas saat lahir dan besar nanti.

6. Bulan Keenam (Minggu ke-21 sampai ke-24)

Bulan Keenam

Bulan Keenam / Elmina / www.merdeka.com

Organ kelamin bayi akan mulai terbentuk pada bulan keenam ini. Saat dilakukan USG, akan nampak jenis kelamin bayi yang akan lahir nantinya. Wajah bayi pada periode ini mulai terbentuk dengan sempurna. Bibir, hidung, bahkan bulu mata pun sudah ada.

7. Bulan Ketujuh (Minggu ke-25 sampai ke-28)

Bulan Ketujuh

Bulan Ketujuh / Elmina

Bayi sudah mulai bisa bernapas pada fase ini. Ia juga kerap mengalami cegukan hingga ibu bisa merasakannya dengan jelas. Pada fase ini, berat bayi sudah lebih dari 1 kilogram. Ia aktif bergerak saat malam hari ketika ibu sedang tidur.

8. Bulan Kedelapan (Minggu ke-29 sampai ke-32)

Bulan Kedelapan

Bulan Kedelapan / Elmina

Bayi sudah terbentuk dengan sempurna. Semua organ berkembang dengan baik. Bahkan bayi sudah bisa membedakan gelap dan terang. Kontraksi akan sering terjadi pada ibu karena bayi akan semakin aktif bergerak.

9. Bulan Kesembilan (Minggu ke-33 sampai ke-36) dan Kelahiran

Bulan Kesembilan

Bulan Kesembilan / Elmina / www.id.theasianparents.com

Bayi tumbuh dengan sempurna, beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kilogram dan paru-parunya mulai bisa difungsikan dengan baik. Pada tahap ini, biasanya bayi sudah mulai bersiap keluar rahim hingga nanti lahir dan menghirup udara luar untuk pertama kalinya.

Demikianlah tahap-tahap masa kehamilan & perkembangan janin. Semoga bermanfaat bagi semua calon ibu yang saat ini sedang dan akan mengandung.

Artikel Menarik Lainnya







comments