Pertanyaan :

Assalamualaikum.wr.wb..

Berdosakah aku jika meninggalkan anak dan suami karena sifat suamiku di luar kendali. Tiap orang punya kesabaran tapi aku tak bisa menahan amarah. Kalau emosi datang suamiku seperti ingin mmbunuh dirinya sndiri. Dia tak bisa di ajak untuk kompromi atau pun di ajak curhat. Aku merasa tertekan, karena sifatnya selalu salah paham dengan orang tuaku atau pun orang tuanya. Hingga pada akhirnya aku tinggalkan suami dn anakku. Karena  aku ingin mendapatkan kedamaian dan tidak mau menjadi sumber kesalahan di setiap perilakunya. Apakah ini salah dan berdosa ?

Penanya : W

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr.wb

Kalau ditanya apakah salah dan berdosa tentu jawabannya adalah iya. Karena dua hal yaitu, pertama anda masih tercatat sebagai istri dari suami anda maka selama itu juga anda harus taat, patuh dan mengabdi padanya sebab itu adalah kewajiban diri sebagai seorang istri. Yang kedua anak adalah amanah dan karunia yang tidak Allah berikan kepada semua orang, tentu anda tau diluar sana banyak sekali orang ingin memiliki anak tapi belum Allah berikan karunia tersebut. Sebagai seorang ibu tentu anda merasakan betapa beratnya saat mengandung, melahirkan dan membesarkannya yang mana hal ini bisa menjadi alasan bagi anda untuk mencintainya dengan selalu membersamainya. Selain itu merawat dan membesarkan anak adalah ibadah selama-lamanya hingga ke akhirat kelak, bahkan disaat orang tua sudah meninggal do’a dari anak yang shaleh akan menjadi kebaikan yang terus mengalir bagi orang tuanya.

Setiap orang Allah uji sesuai dengan kapasitas diri dan kemampuannya, ujian juga sarana bagi kita untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Jika anda merasa kesulitan menghadapi beragam prilaku suami anda coba banyak-banyak berdo’a pada Allah SWT. Shalat tepat waktu, dirikan shalat sunnah seperti rawatib, dhuha, tahajud, banyak-banyak membaca Al-quran, menangis dan meminta pada Allah agar diberi ketenangan dan kedamaian dalam hidup dan rumah tangga.

Adapun hal lain yang bisa dilakukan adalah mencoba melihat sisi baik suami anda, coba lihat apa kebaikan-kebaikan suami anda semenjak awal menikah InsyaAllah dengan melihat sisi baiknya akan membantu meredakan rasa amarah anda. Semoga Allah mudahkan dan berikan yang terbaik untuk keluarga anda.

Sumber foto : www.ummi-online.com

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

15 + 8 =

Artikel Menarik Lainnya







comments