Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr..wb..

Saya menyukai seorang gadis bernama putri. saya ingin berta’aruf bagaimana caranya? Di satu sisi saya sudah 30 tahun ingin menikah tapi di sisi lain saya takut ditolak gadis itu karena dia masih 18th(masih kuliah), saat ini belum ada orang yang bersedia membantu saya dalam proses taaruf dan saya ada rasa trauma karena kegagalan di masa lalu saya… mohon bantuannya… terima kasih…

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Yang pertama anda tak perlu takut ditolak, karena perkara jodoh ketetapan dari Allah Swt. bukan dari si gadis yang akan anda lamar tersebut. Kalau memang dia jodoh terbaik menurut Allah bagi anda, InsyaAllah Allah akan mudahkan. Tapi jika bukan itu jodoh terbaik tentu yang terjadi sebaliknya. Pernikahan itu ibadah, semua proses yang dilakukan menuju kesana pun akan terhitung ibadah. Termasuk jika itu ditolak sekalipun InsyaAllah akan tetap terhitung sebagai ibadah dihadapan Allah Swt. Nggak perlu takut, trauma masa lalu,dll. Berdo’a saja pada Allah agar diberi yang terbaik, lalu jalani setiap prosesnya.

Saran saya bagi anda lansung datang ke rumahnya, temu orang tua gadis tersebut dan sampaikan maksud dan tujuan untuk menikahi putrinya. Sementara untuk taaruf penjelasannya cukup panjang silakan baca beberapa tulisan saya tentang taaruf melalui link berikut :

  1. Beginilah ta’aruf dalam Islam
  2. Ketika ta’aruf gagal
  3. 8 Hal Penting yang perlu diketahui dalam ta’aruf
Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

14 + 14 =

Artikel Menarik Lainnya







comments