ASI (Air Susu Ibu) merupakan asupan nutrisi utama dan terbaik bagi bayi. Di dalam ASI terdapat kandungan nutrisi yang lengkap dan antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi terhadap penyakit. Hampir semua ibu pasti ingin memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya, tetapi tidak jarang ibu mengalami kendala dalam produksi ASI. Banyak ibu-ibu yang mengalami produksi ASI yang sangat sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Hal ini tentu menjadi masalah, bahkan dapat menimbulkan tekanan psikologis bagi sang ibu. Anda pernah mengalaminya juga? Mari kita simak tips alami memperbanyak ASI agar Anda dapat memberikan ASI eksklusif untuk buah hati Anda tercinta.

1. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Konsumsi Air Putih / Elmina

Salah satu cara mudah untuk memperbanyak jumlah produksi ASI adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Jika kebutuhan tubuh rata-rata orang dewasa adalah 2,5 liter per hari, maka ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi air putih lebih dari jumlah tersebut agar kebutuhan cairan dan elektrolit di dalam tubuhnya tetap terjaga dan produksi ASI tetap banyak.

2. Banyak Mengonsumsi Sayuran dan Buah

Banyak Mengonsumsi Sayuran dan Buah

Banyak Mengonsumsi Sayuran dan Buah / Elmina / www.thebodydietetics.com.au

Mengonsumsi sayuran dan buah merupakan salah satu cara alami untuk memperbanyak jumlah produksi ASI. Beberapa sayuran yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI antara lain sawi hijau, bayam, kangkung, dan beberapa sayuran hijau lainnya. Buah-buahan yang banyak mengandung air seperti pir, apel, jeruk, semangka, dan melon juga dapat membantu ibu untuk memperbanyak jumlah ASI-nya.

3. Jaga Asupan Kalori dan Protein Harian

Jaga Asupan Kalori dan Protein Harian

Jaga Asupan Kalori dan Protein Harian / Elmina / www.wikihow.com

Selain mengonsumsi air, sayur dan buah dalam jumlah yang cukup banyak, ibu menyusui juga harus menjaga asupan kalori dan protein hariannya agar ASI yang dihasilkan mengandung cukup kalori dan protein yang diperlukan untuk tumbuh kembang buah hati.

4. Lakukan Breast Massage

Lakukan Breast Massage

Lakukan Breast Massage / Elmina / www.gentlerhythms.com.au/

Melakukan breast massage dapat membantu meningkatkan jumlah produksi ASI. Breast massage dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah pada area payudara, sehingga pengeluaran ASI akan semakin lancar. Cara melakukan breast massage yaitu: ambil baby oil atau kapas hangat, lalu letakkan pada kedua puting susu dan diamkan selama 1-2 menit. Langkah selanjutnya, lakukan penonjolan puting susu dengan menarik ujung puting susu sebanyan 10-20 kali pada masing-masing puting. Setelah dilakukan penonjolan puting susu, lakukan pijatan ringan secara sirkuler dari bagian tengah menuju bagian samping payudara, lalu lakukan gerakan sirkuler yang mencakup seluruh bagian payudara. Lakukan breast massage secara teratur 1-2 kali sehari agar produksi ASI semakin lancar dan melimpah.

5. Susui Bayi Sesering Mungkin

Susui Bayi Sesering Mungkin / Elmina / momamore.wordpress.com

Salah satu faktor yang memengaruhi jumlah produksi ASI adalah frekuensi menyusu bayi. Karena pada prinsipnya, jumlah produksi ASI adalah supply on demand, yang artinya jumlah produksi ASI tergantung dari kebutuhan. Refleks hisapan bayi pada puting susu juga memberikan rangsangan pada tubuh untuk terus memproduksi ASI. Jadi semakin sering ibu menyusui bayi, maka jumlah produksi ASI pun akan semakin meningkat.

6. Lakukan Pumping di Waktu Luang

Lakukan Pumping di Waktu Luang

Lakukan Pumping di Waktu Luang / Elmina /

Di saat luang atau saat Anda bekerja, Anda bisa melakukan pumping agar produksi ASI Anda tidak menurun. ASI hasil pumping bisa disimpan di dalam cooler bag lalu dipindahkan ke dalam kulkas sebagai ASI cadangan jika sewaktu-waktu Anda harus bepergian atau meninggalkan bayi Anda untuk sementara waktu.

7. Relaksasi

Relaksasi / Elmina / www.molto.id

Kondisi stres dapat memengaruhi jumlah produksi ASI. Relaksasi dapat membantu ibu menyusui untuk lebih rileks. Kondisi rileks dapat meningkatkan jumlah produksi hormon Endorfin. Hormon ini dapat meningkatkan perasaan bahagia pada ibu dan dapat meningkatkan jumlah produksi ASI. Relaksasi dapat dilakukan dengan meditasi ataupun latihan yoga.

Demikian ulasan mengenai tips alami memperbanyak ASI. Semoga bermanfaat dan selamat memberikan ASI eksklusif untuk buah hati Anda!

Artikel Menarik Lainnya







comments