Pertanyaan :

Saya menjalin hubungan dengan si wanita itu.. Untuk menikah.. Namun setiap saya pertanyakan..” Kapan saya akan diperkenalkan dengan keluarga kamu…? Namun jawabnya nanti nanti aja.”

Itu sangat sering saya pertanyakan ..namun hasilnya hubungan saya dengan si cewek malah buruk..dan diam.

Kalau tidak sekarang kapab lagi.. ?
Tp mai bagaimana lagi… Si cewek mungkin ada alasan yg tak bisa di katakan…itu menurut saya.

Karena si cewe sudah tidak punya kedua orang tua.. Dan dia skg cuma ada kakak perempuan dan adik laki2 2 orang.. Dan 3 orang adik perempuan dari ibu nya.  Jd merekalah yang membiayaii kuliah dan hidupnya sampai dia kelar wisuda.. Dan skg si cewek udah kerja siih 1,tahun kurng lebih…

Jawaban :

Jika Anda memang serius ingin menikah dengan beliau, maka upayakanlah cara yang baik yang sesuai ajaran Islam. Jauhi pacaran karena mendekati zina. Jika Anda pacaran pun, apakah sudah pasti dia akan menjadi jodoh Anda kelak? Jodoh belum tentu digenggam, tapi dosa sudah pasti dituai.

Tidak ada yang bisa memastikan siapa jodoh kita, maka fokus kita sekarang adalah memantaskan diri agar mendapat jodoh yang baik.

Mintalah pada Allah melalui sholat istikharah agar Ia memberikan petunjuk-Nya. Jika Anda memang sudah sangat siap menikah serta yakin bahwa dia adalah wanita yang shalihah dan dapat menjadi ibu yang baik bagi anak-anak Anda kelak, temuilah keluarganya. Bicarakan segala kondisi yang ada, termasuk permasalahan yang dihadapi, agar bisa ditemukan jalan keluar bagi semua.

Jika dia memang belum siap, sebaiknya jangan memaksa. Sekali lagi, siapa bisa menjamin bahwa dia adalah jodoh Anda? Bagaimanapun kita memaksakan, jika bukan jodohnya, maka tidak akan bersatu di pelaminan. Namun jika memang Allah suratkan sebagai jodoh kita, insyaa Allah, meski banyak masalah yang dihadapi, di penghujungnya akan bersatu juga. Jadi mari berfokus pada hal-hal yang disukai Allah dan menjauh dari hal-hal yang menimbulkan murka Allah.

Semoga Allah memberikan petunjuk dan hidayah bagi kita semua, dan memudahkan segala urusan. Aaamiin.

 

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

8 + 9 =

Artikel Menarik Lainnya







comments