Sebagai istri yang memiliki 1001 kesibukan, terkadang kita mengabaikan pentingnya perawatan diri. Tak dapat dipungkiri bahwa seabrek pekerjaan rumah yang menuntut untuk selalu dituntaskan, rasanya membuat kita tak sempat memperhatikan penampilan. Kita yang kelelahan memasak, membereskan rumah dan mengasuh anak seharian, cenderung jadi tidak terlalu peduli dengan busana yang kita pakai, apalagi perawatan kulit dan wajah. Lengkap sudah wajah kuyu kita dengan daster kumel penuh noda dan bau bawang. Olala…

Padahal dalam konteks merawat keindahan diri sebagai bagian dari menjaga amanah yang telah Allah berikan, hal ini menjadi penting sekali, terutama apabila kita telah menikah. Tampil cantik dan menarik di hadapan suami dan menyenangkan pandangan matanya adalah ibadah. Karenanya, kita perlu bersungguh-sungguh memperhatikan yang satu ini agar Allah juga semakin meridhoi kita.

Jadi gimana dong supaya punya penampilan yang fresh dan selalu cantik di hadapan suami? Berikut ini tips-tipsnya :

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Mandi

Mandi minimal 2x sehari sih sudah lazim dan memang jadi kebiasaan, ya. Tapi masih adakah di antara kita yang malas terkena air? Mandi dengan sabun membantu menyingkirkan kuman dan menjaga kesehatan kulit. Oleh karenanya jangan sampai kita menyepelekan aktivitas yang satu ini. Kita juga bisa menggunakan lulur mandi atau scrub untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit kita sehat terawat. Jangan pernah malas mandi kecuali kita rela kuman-kuman menempel dan menyebabkan bau yang tak sedap di badan. Hiyy…

  1. Minum yang Banyak

Kebanyakan kita sering lupa atau tak terbiasa minum air (putih), padahal ia baik sekali untuk kesehatan tubuh. Kulit kering salah satunya juga disebabkan oleh kekurangan cairan, lho. Seperti tanaman, tubuh kita perlu asupan cairan yang banyak, minimal 8 liter sehari. Banyak? Kalau baru mulai membiasakan mungkin akan terasa kembung dan bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil. Tapi jika sudah terbiasa insya Allah tubuh akan terasa lebih segar. Wajah pun terlihat lebih berseri. Mau coba?

  1. Konsumsi Sayur dan Buah

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan terutama dalam keadaan mentah terbukti baik bagi metabolisme tubuh. Yang jelas, buah yang dikonsumsi utuh lebih baik daripada dibuat minuman (juice) karena proses blender meningkatkan kandungan gula. Malah terkadang kita bubuhkan gula lagi dalam jus buah tersebut. Mau sehat salah-salah malah meningkatkan resiko diabetes. Ngeri, kan.

Perhatikan pula teknik mencuci sayuran dan memasaknya agar tak mengurangi kandungan nutrisi. Memasak terbaik adalah dengan cara mengukusnya. Bila terpaksa merebusnya dalam air, gunakan sedikit air masukkan makanan setelah air mendidih. Air yang mendidih akan kehilangan banyak oksigen dan air yang kandungan oksigennya tinggi dapat merusak vitamin C dalam sayur dan buah.

  1. Olahraga, Jangan Lupa

Yang satu ini rasanya berat sekali melakukannya. Iya apa iya? Kebanyakan kita tak sadar manfaat olahraga yang sangat-sangat dibutuhkan tubuh. Meski lelah berjibaku seharian dengan aktivitas di rumah dan berkeringat, tetap saja berbeda dengan berolahraga yang disengajakan. Disana ada perasaan happy dan tentu saja, olahraga akan menjadikan mood kita lebih positif. Mulailah dari 5 menit yang ringan seperti berjalan kaki, lalu tingkatkan menjadi 10 menit, 20 menit dan 30 menit sehari. Ikuti panduan ahli dan berkonsultasilah jika memiliki masalah kesehatan yang kompleks. Berolahraga setiap hari membantu jantung kita tetap sehat dan sirkulasi darah tetap lancar. Percayalah manfaatnya akan semakin terasa di 10-20 tahun mendatang.

  1. Perawatan Ke Salon, Kenapa Tidak?

Meluangkan diri ke salon untuk potong rambut, creambath atau perawatan lainnya, dapat menjadi pilihan yang menyenangkan. Diskusikanlah pada suami untuk sekali-kali me time memanjakan tubuh yang tujuannya untuk perawatan juga. Bukankah suami senang jika istri tampil segar dan terawat? Komunikasikan pula untuk mendelegasikan urusan anak dan pekerjaan rumah sementara waktu. Barangkali ini juga bisa menjadi momentum eksklusif untuk ayah menghabiskan waktu bersama anak-anak, sementara ibu refreshing sejenak.

—-

Mudah bukan tips untuk merawat diri dan menjadi lebih cantik? Semuanya sangat sederhana, sesederhana kemauan kita untuk melakukannya. Jadi ibu muslimah itu bisa dibilang seperti superwoman yang serba bisa. Bisa masak, bisa beberes, cermat mengelola keuangan rumah tangga, tapi juga tak ketinggalan untuk bisa tetap tampil segar dan prima. Kalau sudah begini, suami mana yang tidak sayang?

Selebihnya kita percantik “casing” kita dengan inner beauty, yakni akhlaq karimah dan kedekatan dengan Allah. Masya Allah, bidadari itu rupanya ada di dunia! Apakah kita? 😉

 

Referensi :

http://balitapedia.com/tips-memasak-sayur-dan-buah-agar-vitaminnya-terjaga/1793
https://dipoetri.wordpress.com/2014/03/09/yuk-jadi-ibu-rumah-tangga-yang-cantik-luar-dalam/

 

Artikel Menarik Lainnya







comments