Mudik ke kampung halaman adalah salah satu ritual penting di hari raya. Berkumpul bersama keluarga tentu menjadi momen indah yang selalu dinanti-nanti. Bahkan prosesi perjalanan mudik akan meninggalkan kenangan tersendiri, apalagi jika membawa anak-anak dengan segala keriuhannya.

Apa saja yang perlu dipersiapkan jika kita akan mudik bersama anak-anak? Berikut ini beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

  1. Persiapkan Mental

Bisa kita bayangkan, mudik dengan membawa bocah biasanya lebih riweuh dibanding tanpa mereka. Belum lagi kita pasti akan berhadapan dengan rasa bosan dan lelah khas anak-anak. Tapi mari fokus pada tujuan. Niat kita mudik adalah untuk bersilaturrahim dengan keluarga besar. Bayangkan kegembiraan kakek, nenek dan suasana Idul Fitri yang penuh keakraban. Bayangkan bahagianya kita dan anak-anak saat berkumpul dengan sanak-saudara. Dengan fokus pada tujuan, insyaa Allah segala kendala dan rintangan akan bisa kita hadapi dengan positif dan semangat.

  1. Membuat Daftar Perlengkapan Anak-anak

Dengan membuat daftar perlengkapan, kita bisa meminimalisasi barang tertinggal atau terlupa. Pastikan barang yang dibawa benar-benar penting serta digunakan, supaya tidak hanya membuat penuh kendaraan dan kitapun bisa mengurangi bawaan.

 

  1. Pastikan Anda Sehat untuk Melakukan Perjalanan

Selama perjalanan kita akan membagi perhatian untuk si kecil. Oleh karenanya dibutuhkan kondisi yang prima untuk mendampingi mereka. Bawalah vitamin dan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kita. Jangan lupa periksa pula kondisi kesehatan si kecil sebelum berangkat, sekaligus siapkan juga obat-obatan khusus anak untuk berjaga-jaga.

 

  1. Perhatikan Jam Berangkat

Menempuh perjalanan jauh di malam hari biasanya dipilih orangtua yang membawa anak kecil. Hal ini bisa jadi memudahkan karena anak-anak akan menghabisksan waktu untuk tidur sehingga mereka tidak terlalu lelah. Jam melek jadi berkurang dan otomatis hal ini juga membantu kita menghemat energi selama perjalanan. Penting juga untuk memperhatikan berapa lama waktu tempuh untuk memperkirakan energi yang dibutuhkan.

 

  1. Memperhatikan Kenyamanan Anak

Jika kita menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa mengatur ruang yang dibutuhkan si kecil agar merasa nyaman. Selain itu siapkan sejumlah mainan agar anak bisa menghabiskan waktunya dengan menyenangkan. Beberapa aktivitas yang juga bisa dilakukan antara lain, berbincang tentang hal-hal yang dilihat selama perjalanan, bercerita, bermain tebak-tebakan dan sebagainya. Rasulullah saw sendiri ketika melakukan perjalanan bersama anak-anak, senang mengajak mereka mengobrol dan memberi nasihat-nasihat. Momentum ini merupakan waktu istimewa karena akan membekas pada anak. So, jangan sia-siakan.

***

 

Melakukan perjalanan jauh bersama anak-anak bisa jadi melelahkan. Tapi tentu saja juga menjadi momen menciptakan bonding (ikatan) yang lebih kuat antar anggota keluarga. Dengan niat baik dan persiapan yang matang, insyaa Allah mudik kita akan terasa semakin menyenangkan. Selamat mudik!

Artikel Menarik Lainnya







comments