Ramadhan tinggal hitungan hari! Subhanallah… tak terasa ya, beberapa waktu ke depan kita akan berjumpa lagi dengan bulan mulia. Setiap amalan dilipatgandakan, dan bahkan istirahat pun dihitung sebagai ibadah.

Tapi, tapi.. sesungguhnya kita banyak sekali lalai di bulan Sya’ban ini. Padahal ia juga istimewa sebagai pengantar menuju Ramadhan nanti. Kita sering berharap semoga Ramadhan ini adalah yang terbaik, terus mengalami peningkatan dan sebagainya. Tetapi seringkali pula kita merasakan kekurangoptimalan saat berada di detik-detik akhirnya. Hal ini salah satunya karena kita kurang melakukan persiapan dengan baik.

Jadi, apa saja yang perlu kita lakukan dan persiapkan sebelum Ramadhan tiba? Berikut tips-tipsnya :

  1. Berdoalah Agar Umur Kita Sampai Pada Bulan Ramadhan

Siapa yang tahu akan ajal? Betapapun kita berusaha, jika Allah berkehendak lain, pasti akan terjadi juga. Demikian pula umur kita tahun ini, jangankan esok hari, 1 jam ke depan pun kita tidak tahu apakah masih hidup atau tidak. Maka berdoalah agar Allah memperkenankan kita mencicipi sajian Ramadhan tahun ini, dan bisa meraup sebanyak-banyaknya pahala.

Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan. (HR. Ahmad dan Tabrani)

  1. Bertaubat Kepada Allah dan Bergembira Menyambut Ramadhan

Menyadari kekhilafan diri dan dosa-dosa yang telah diperbuat akan melahirkan kebeningan hati untuk membuka lembaran baru. Sambutlah Ramadhan ini dengan sepenuh tekad untuk memperbaiki berbagai kekurangan, meninggalkan dosa serta kebiasaan buruk. Bergembiralah dengan waktu yang Allah berikan karena artinya kita masih memiliki kesempatan beramal sholeh. Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan yang penuh keberkahan. Maka betapa bahagianya mereka yang dianugerahi pertemuan dengan Ramadhan karena memperoleh peluang ampunan Allah dan pelipatgandaan amal. Mudah-mudahan kita menjadi orang yang beruntung dan bisa lulus dari madrasah Ramadhan dengan nilai  gemilang.

“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [Q.S. An-Nur (24): 31]

  1. Banyak Berpuasa di Bulan Sya’ban

Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu anha berkata,
“Dan aku tidak melihat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyempurnakan puasa satu bulan kecuali Ramadhan. Dan aku tidak melihat beliau puasa paling banyak dalam satu bulan kecuali pada bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Usamah bin Zaid berkata: aku bertanya: Ya Rasulullah aku belum pernah melihatmu berpuasa di bulan-bulan lain, seperti puasamu di bulan Sya’ban.
Rasul menjawab: itu ada bulan yang dilalaikan manusia, antara Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan diangkatnya amal padanya kepada Robbul ‘alamin. Maka aku ingin amalku diangkat dalam keadaan berpuasa.
(HR. Nasa’i, dihasankan oleh Al Albani)

Tidak ada puasa khusus di bulan Sya’ban. Namun Rasulullah adalah orang yang paling banyak puasanya di bulan ini. Jika kita terbiasa puasa Senin-Kamis atau puasa Daud (1 hari berbuka, 1 hari berpuasa) maka tidak mengapa melanjutkan hingga mendekati tanggal 1 Ramadhan. Ini juga menjadi latihan bagi tubuh agar terbiasa dan tidak kaget dengan perubahan yang tiba-tiba.

  1. Banyak Beramal

Sama halnya seperti puasa, kita perlu melatih diri untuk mulai memperbanyak amal menjelang Ramadhan ini. Meningkatkan jumlah bacaan tilawah Qur’an, bangun malam, dzikir pagi dan petang, dan sebagainya. Harapan kita saat Ramadhan nanti, setiap amal akan semakin meningkat dan kita juga terus semangat menjalaninya.

  1. Memperbanyak pengetahuan tentang Ibadah di Bulan Ramadhan

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah berkata, ”Orang yang berilmu mengetahui tingkatan-tingkatan ibadah, perusak-perusak amal, dan hal-hal yang menyempurnakannya dan apa-apa yang menguranginya”.

Maka penting sekali bagi kita untuk membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan mengenai Ramadhan; apa saja yang bisa merusaknya, menyempurnakannya, serta menguranginya. Misalkan, kita tahu bahwa tidur di bulan Ramadhan dapat bernilai ibadah. Namun bukan berarti kita tidur sesuka hati karena sayang sekali jika waktu yang ada hanya dilewatkan dengan berbaringan di atas kasur saja.

Kurangnya ilmu dapat menjadi banyak kerusakan. Oleh karena itu persiapan ini tidak bisa disepelekan dan harus kita tambah terus-menerus, agar bisa beribadah sesuai yang Rasulullah saw tuntunkan. Hadirilah majelis ilmu tentang Ramadhan, pahami ayat-ayat dan doa-doa yang berkait dengan berbagai jenis ibadah, atau pahami juga berbagai masalah dalam fiqh puasa. Bertanyalah pada ahli jika belum paham sebagaimana perintah Allah dalam Al Qur’an, “Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui,” (QS. Al Anbiya : 7). Insya Allah kita akan semakin siap menjalani Ramadhan nanti.

  1. Buatlah Rencana dan Target Ramadhan

Orang yang tidak memiliki tujuan, biasanya mudah goyah di tengah perjalanan. Demikian pula halnya jika kita menjalani Ramadhan tanpa target yang jelas dan terukur. Sahur sebangunnya, tarawih sebisanya, i’tikaf apalagi, boro-boro kepikiran…

Nah kalau sudah begini kita akan kehilangan momentum emas yang belum tentu terulang. So, buatlah target ibadah dan aktivitas kebaikan yang akan dilakukan selama Ramadhan. Lebih seru lagi jika dilakukan bersama teman-teman lain agar bisa saling mengingatkan. Teruntuk muslimah yang setiap bulan rutin kedatangan ‘tamu’, perlu juga kita siapkan agenda apa saja selama off tersebut. Hal ini supaya kita tetap bisa mengejar keutamaan Ramadhan meski kondisi sedang berhalangan.

***
Jika sudah melakukan persiapan di atas, alhamdulillaah. Namun jika belum, ayo kita segera lakukan di waktu tersisa. Jangan sampai kita menjadi orang-orang yang menghadapi Ramadhan hanya berfokus pada nikmatnya hidangan berbuka, sibuk memilih baju lebaran, tetapi lupa dengan makna Ramadhan sebenarnya.

Dan wangi ramadhan semakin tercium… semoga kita termasuk orang-orang beruntung yang dapat menikmati suguhan Ramadhan, musim seminya orang-orang beriman.

Artikel Menarik Lainnya







comments