Tak bisa diingkari, kehamilan kerap membawa beragam perubahan. Hal ini, lebih terkait pada kondisi ibu, dengan segala ketidaknyamanan akibat perubahan fisik hingga psikis yang umum terjadi pada masa-masa awal kehamilan.

Adapun perubahan drastis umum terjadi pada trimester pertama. Maka wajar terjadi, para ibu yang belum terbiasa, akan cenderung punya keluhan-keluhan tertentu, seperti mual, nyeri, dan lain sebagainya. Namun jangan khawatir, sebab keluhan yang terjadi pada umumnya merupakan hal yang normal. Nah, untuk memberi kenyamanan pada masa kehamilan, inilah beberapa keluhan umum ibu hamil pada trimester pertama dan cara mengatasinya.

1. Mual

Rasa mual atau morning sickness memang umum terjadi. Penyebabnya adalah adanya ketidakstabilan hormon di tubuh Anda. Meski tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya, tak bisa diingkari, morning sickness ini bisa membuat ibu kehilangan nafsu makan.

Namun, jangan khawatir. Anda tetap bisa menyiasatinya dengan mengatur porsi makan (sedikit namun berkali-kali), menghindari makanan yang mengandung lemak, banyak minum air, serta istirahat cukup dan teratur.

2. Nyeri Punggung

Biasanya juga disertai dengan pegal-pegal di bagian leher, dan pembengkakan di bagian kaki. Adapun cara mengatasinya, bisa dengan beristirahat atau berendam dengan air hangat.

Di sini, sangat disarankan untuk menghindari pijat. Namun bila ingin, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter, atau memakai jasa pijat tenaga ahli.

3. Lelah dan Perubahan Mood

Mudah Lelah / Elmina / tollbaby.wordpress.com

Terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan. Sering kali, perubahan ini membuat ibu emosional dan malas beraktivitas. Untuk mengatasinya disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan memperbanyak konsumsi air putih.

4. Gangguan Pencernaan

Gangguan Pencernaan / Elmina

Salah satunya dikenal dengan heart burn—suatu perasaan tidak nyaman yang terjadi di area di balik tulang dada atau tenggorokan. Hal ini biasanya juga akan diikuti dengan sendawa, kembung, sembelit, dan buang gas.

Adapun cara mengatasinya, bisa dengan mengonsumsi makanan sehat secara teratur (terutama yang mengandung serat), meningkatkan asupan cairan, istirahat cukup, serta menghindari stres.

5. Demam Tinggi

Suhu tinggi pada kehamilan sebenarnya normal terjadi. Pada beberapa kasus, bahkan bisa mencapai 38 derajat celcius. Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Bila suhu dirasa terlampau tinggi, dibarengi kondisi tubuh yang tak fit, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter, untuk mengantisipasi terjadinya infeksi.

6. Keputihan

Disebabkan oleh kondisi hormon yang tidak stabil. Pada beberapa kasus, keputihan memang wajar terjadi. Untuk menyiasatinya, bisa dengan menjaga kebersihan daerah kewanitaan, memakai celana dalam dari bahan yang lembut, sering mengganti celana dalam, dan lain sebagainya.

Namun, Anda harus tetap waspada, terutama ketika mengalami keputihan yang berbau, berubah warna, serta disertai gatal atau iritasi. Ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter, jika Anda mengalami salah satu/beberapa gejala tersebut.

7. Sering Buang Air Kecil

Sering Buang Air Kecil / Elmina

Ukuran janin yang semakin membesar, pada akhirnya akan mendorong saluran kandung kemih. Inilah  yang menyebabkan Anda sering kali ingin buang air kecil. Tak usah khawatir. Sebab, hal ini wajar terjadi. Namun, harus diingat untuk tetap menjaga asupan cairan dalam tubuh agar tak terjadi dehidrasi.

Itulah tujuh keluhan ibu hamil pada trimester pertama dan cara mengatasinya. Adapun harus diingat, selama keluhan di atas masih dalam taraf wajar atau normal, pada dasarnya hal itu tidak akan membahayakan kesehatan ibu maupun janin yang dikandung. Namun, harus diingat untuk senantiasa menjaga kesehatan, seperti dengan memperbaiki asupan makanan, mengonsumsi air putih, serta berkonsultasi pada tenaga ahli, bila suatu waktu terjadi masalah.

Artikel Menarik Lainnya







comments