Pertanyaan :

Assalamu’alaikum..wr…wb

Saya seorang muslimah yang sudah berumur 27 tahun. Dari segi usia saya memang sudah seharusnya menikah. akan tetapi beberapa ta’aruf yang saya jalanin masih menuai kegagalan. Diantara penyebab gagalnya ta’aruf adalah karena ketidaksiapan saya untuk menerima lelaki yang menurut penilaian dan pengetahuan saya masih kurang dari sisi agama dan akhlak.

Pertanyaan saya adalah, Apakah saya berdosa karena sudah menolak beberapa lamaran ? Dan alasan saya menolak adalah karena agama dan akhlaknya menurut saya belum bisa untuk menjadi imam saya. Diantara ciri-ciri pria yang saya tolak adalah, sholatnya belum sempurna, yaitu belum menunaikan ibadah shalat lima waktu secara penuh.
Demikian pertanyaan saya ustadz, saya mengharapkan jawaban dan bimbingan dari ustadz.

Jazakillah khairan katsira.

Penanya : AFN

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Pernikahan adalah rangkaian dari ujian-ujian yang membutuhkan kesabaran dari kita. Proses penantiannya butuh kesabaran terlebih lagi proses menjalaninya kelak setelah menikah tentu lebih bercorak lagi ujiannya. Kalau memang anda menolak laki-laki tersebut dengan alasan agama itu tentu sah-sah saja, apalagi anda menyebutkan shalatnya belum sempurna.

Saran dari kami anda minta ridho dari ayah ibu untuk akan menikah dan minta di doakan dari mereka. Selain itu isi masa-masa penantian anda dengan perbaikan dan meningkatkan ibadah pada Allah SWT. Semoga membantu

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

13 + 9 =

Artikel Menarik Lainnya







comments