Usia ideal untuk menikah adalah salah satu pembahasan menarik dalam setiap materi pernikahan, karena tak sedikit yang berpendapat bahwa usia pernikahan sangat berdampak pada keutuhan pernikahan serta kualitas dari keluarga yang dihasilkan dari pernikahan tersebut. Menjalin hubungan pernikahan di saat yang tepat serta di usia yang juga tepat tentu akan menghasilkan kualitas keluarga yang baik, begitu juga jika menikah di saat yang tidak atau kurang tepat tentu akan memberi dampak buruk pada pernikahan tersebut.

Lalu, kapankah usia yang ideal untuk menikah ?

University of Utah di Amerika serikat melakukan penelitian tentang usia ideal menikah dan hasilnya menunjukkan  bahwa usia yang terbaik untuk mengarungi bahtera rumah tangga tersebut adalah antara 28-32 tahun, sementara seorang sosiolog Nick Wolfinger yang menganalisis data perceraian di rentang tahun 2006 – 2013 menemukan bahwa ternyata jumlah perceraian terendah terjadi pada rumah tangga yang melansungkan pernikahan pada usia di atas 27 tahun. Berbeda lagi dengan  Institute of Family Studies yang melalui studinya menyampaikan bahwa pernikahan pada usia matang akan membuat rumah tangga menjadi lebih stabil.

Menikahlah saat kamu sudah mampu

Kalau diatas hasil penelitian menyebutkan rentang usia menikah yang ideal sementara islam menganjurkan untuk menikah di saat sudah mampu, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

Wahai sekalian pemuda, barangsiapa di antara kalian yang sudah mampu untuk menikah, maka segeralah menikah, karena nikah akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kehormatan.(Muttafaqun alaihi)

Kapan usia mampu ini ?Tentu ini sangat relatif dan beragam. Jika kita maknai mampu dalam sabda Rasulullah SAW diatas tentu adalah mampunya seseorang baik itu laki-laki maupun perempuan untuk memulai sebuah pernikahan yang terlihat dari kesiapan diri, kesiapan mental, kematangan emosi, kedewasaan dalam berpikir, mampu secara finansial serta hal-hal lain yang menunjang langgengnya perjalan membangun rumah tangga.

Jika ditilik lewat usia tentu ini sangat beragam sekali, ada yang di usia muda misalnya rentang usia 18 – 23 tahun telah mampu untuk menikah sesuai dengan kriteria yang disebutkan diatas namun ada juga yang di usia mendekati 30 – 35 tahun namun masih belum memiliki kriteria yang mesti ada dalam diri seseorang yang dikatakan mampu menikah. Tentu hal ini sangat bergantung sekali pada kesiapan-kesiapan yang telah dipersiapkan oleh dirinya maupun oleh orang tuanya semenjak dini.

Para sahabat nabi, para imam dan ulama-ulama terdahulu menikah di usia yang sangat muda dan belia dan merekapun sukses membangun rumah tangganya karena memang telah dipersiapkan dirinya semenjak dini baik itu kesiapan ilmu, akidah, hafalan Al-quran, kepahaman terhadap kehidupan dan lain sebagainya. Sementara pada saat ini banyak yang menikah di usia muda maupun di usia lanjut namun gagal dalam pernikahan disebabkan minimnya persiapannya, kurangnya kesiapan mental, tidak cukupnya kesiapan diri serta terlambatnya kedewasaan dalam berpikir.

Banyak diantara anak muda hari ini yang malah lebih sibuk memikirkan siapa jodohnya nanti ketimbang memikirkan bagaimana persiapannya untuk masa-masa setelah pernikahan kelak, tak sedikit diantara anak muda hari ini yang malah galau memikirkan masa lalu cinta yang menyakitkan ketimbangkan mengisi waktu-waktunya untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. Inilah yang penting mempersiapkan diri menyonsong kehidupan berumah tangga, menyiapkan modal menjadi seorang suami dan ayah serta menyiapkan diri menjadi seorang istri dan ibu. Sementara soal usia kapan yang ideal ? Tentu menyegerakan untuk segera jauh lebih baik daripada menunda.

Sumber foto : www.digiframe.biz.id

Artikel Menarik Lainnya







comments